Antisipasi Lonjakan Covid-19, Desa Diminta Aktif Sosialisasi Prokes

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Desa Diminta Aktif Sosialisasi Prokes
Sekda saat memberikan arahan dalam Deklarasi Open Defecation Free (ODF) di Kecamatan Sukodono
Lumajang, Motim – Kasus Covid-19 di Kabupaten Lumajang terus bertambah. Demi mengantisipasi munculnya lonjakan kasus Covid-19, Pemerintah Desa (Pemdes) diminta terus memberikan pemahaman kepada masyarakat, untuk meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Kini, kasus Covid-19 di Lumajang sudah tidak diketahui lagi titik persebarannya, karena Covid-19 bisa menyerang siapa saja, tidak peduli rakyat biasa maupun pejabat pemerintahan. Bahkan, beberapa waktu lalu Bupati pun pernah terserang Covid-19,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono di Kantor Camat Sukodono, Rabu (23/12/2020).

Ia juga menyampaikan, bahwa untuk menekan penyebaran Covid-19 hingga tingkat pedesaan, dirinya berharap pemerintah desa terus bersinergi dengan jajaran aparatur lainnya untuk terus memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya disiplin protokol kesehatan.

“Saudara kita, kawan kita, dari kalangan PNS maupun yang telah purna tugas sebagai PNS sudah ada beberapa yang telah meninggal karena Covid-19. Untuk itu, kita harus disiplin menjalankan protokol kesehatan, yakni 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, red) dalam setiap aktivitas,” kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Lumajang juga berpesan kepada kepala desa maupun perangkat desa, dan aparatur kewilayahan lainnya yang melakukan tugasnya sebagai pengayom masyarakat, untuk senantiasa menjaga kesehatan diri agar tidak tertular Covid-19. (fit)