Bantuan Terus Mengalir untuk Warga Terdampak Bencana Gunung Semeru

Bantuan Terus Mengalir untuk Warga Terdampak Bencana Gunung Semeru
Bantuan di posko bencana
Lumajang, Motim - Bantuan terus mengalir dari berbagai pihak untuk warga masyarakat yang terdampak bencana awan panas guguran Gunung Semeru. Bantuan tersebut dikumpulkan di posko utama yang didirikan di Lapangan Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

Terlihat, ada berbagai macam kebutuhan warga yang telah terkumpul. Seperti beras, mie instan, air mineral, popok bayi, masker, dan kebutuhan lainnya. Bantuan kemudian didistribusikan oleh petugas kepada warga terdampak.

“Kita dirikan posko darurat, setiap yang mau memberikan bantuan dikumpulkan di sini. Termasuk relawan yang akan membantu lapor ke kita,” kata Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, Rabu (2/12).

Ia pun mengapreasiasi semua pihak yang telah menyalurkan bantuan untuk warga terdampak. Karena ini bentuk kepedulian semuanya dalam mengatasi bencana. “Dengan adanya ini, menunjukkan bahwa bencana itu tugas kita bersama, bukan hanya pemerintah,” jelasnya.

Wawan menjelaskan, pendistribusian dilakukan petugas sesuai dengan wilayah terdampak dan kebutuhan masyarakat. Pembagian dilakukan secara merata ke semua warga terdampak. “Kita distribusikan ke area terdampak, kita tidak ingin tidak sama,” ucapnya.

Sejauh ini, kata dia, kebutuhan utama adalah sembako. “Sementara ini, kita harapkan bantuan sembako, karena itu yang dibutuhkanm,” pungkasnya. (fit)