Baznas Lumajang akan Beri Pelatihan dan Mesin Jahit pada Mantan ODGJ


Ketua Baznas Lumajang, H. Atok Hasan Sanusi. (fit)
Lumajang, Motim – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lumajang akan memberikan pelatihan menjahit mantan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Ada puluhan mantan ODGJ di Kecamatan Pronojiwo yang akan mendapatkan pelatihan ini.

Kepala Baznas Lumajang H. Atok Hasan Sanusi menyampaikan, tidak hanya memberikan pelatihan, mereka juga akan mendapatkan bantuan mesin jahit. “Jadi setelah pelatihan, kita berikan mereka mesin jahit,” katanya.

Lanjutnya, ada sekitar 60 ODGJ yang sudah sembuh yang akan terdata untuk mengikuti pelatihan ini. Namun Baznas akan menyeleksinya, untuk mendapatkan mantan ODGJ yang benar-benar bisa bekerja.

“Jadi ini adalah ODGJ yang sudah sembuh. Kita seleksi lagi mana yang betul-betul bisa bekerja. Mungkin nanti ada sekitar 30 orang yang akan mengikuti pelatihan tersebut,” ucapnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Baznas Lumajang bekerjasama dengan Komunitas Gerdu Sejiwa (Gerakan Terpadu Kesehatan Jiwa). “Kita berikan ketrampilan kerja didampingi oleh Gerdu Sejiwa Pronojiwo,” ujar dia.

H. Atok menambahkan, pelatihan pada mantan ODGJ ini diberikan, agar mereka bisa memiliki kesibukan. “Selain untuk kesibukan, juga bisa untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan,” pungkasnya. (fit)