BNPB Akan Perbaiki Jalur Aliran Lahar Agar Tak Meluber ke Pemukiman

Lumajang, Motim - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo sudah berkunjung ke Lumajang pasca adanya awan panas guguran Gunung Semeru. Pihaknya berencana melakukan perbaikan jalur aliran lahar agar tidak meluber ke pemukiman warga ketika hujan deras. 

BNPB juga akan mengurangi material di sekitar hulu khususya. "Kalau material tidak segera dikurangi, maka hujan lebat yang terjadi di hulu akan terbawa ke pemukiman yang berada dikawasan tersebut, ini yang kita hindari," katanya saat berkunjung ke Curah Kobokan Kamis (3/12).

Ia juga mengatakan, bahwa upaya tersebut dilakukan untuk mengatasi tumpukan aliran lahar panas Gunung Semeru, agar dapat segera berkurang. Namun masih belum dipastikan kapan hal itu akan dikerjakan.

Pihaknya juga akan membangun jalur evakuasi untuk mempermudah warga yang terdampak menuju ke tempat yang lebih aman. Menurutnya, hal tersebut merupakan upaya untuk memastikan kondisi warga tetap aman.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Kementrian PUPR untuk membangun sebuah jalur evakuasi, yang bisa memudahkan masyarakat menuju ke tempat yang lebih aman," ujar dia. (fit)