Bupati dan Ketua DPRD Lumajang Terima Green Leadership Nirwasita Tantra

Bupati dan Ketua DPRD Lumajang Terima Green Leadership Nirwasita Tantra
Bupati dan Ketua DPRD Lumajang mengangkat trofi penghargaan
Lumajang, Motim - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dan Ketua DPRD Lumajang, Anang Akhmad Syaifuddin menerima Penghargaaan Green Leadership Nirwasita Tantra. Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Green Leadership merupakan penghargaan tertinggi dari pemerintah pusat kepada pimpinan daerah yang dinilai berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan, sesuai prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan. Sehingga mampu memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerah yang dipimpinnya.

Trofi penghargaan diterima Thoriq dan Anang di Kantor Bupati Lumajang, Senin (21/12/2020). Bersamaan dengan acara Penganugerahan Penghargaaan Green Leadership Nirwasita yang digelar di Jakarta dan diikuti secara virtual oleh daerah.

Bupati menyampaikan, telah ada sejumlah kebijakan yang berpihak pada lingkungan. Contohnya regulasi untuk pembatasan kantong plastik. Pihaknya juga menekan pelaku usaha agar peduli pada lingkungan.

"Kegiatan usaha harus patuh pada aturan. Dunia investasi memang menjadi bagian penting, tapi kepedulian lingkungan menjadi prioritas," tegasnya.

Menurutnya, penghargaan yang diterima juga berkat peran pihak-pihak lainnya. "Tidak hanya saya sebagai bupati. Ada wakil bupati, ketua DPRD, semua OPD," ungkap Thoriq.

Ketua DPRD Lumajang, Anang menambahkan, dalam urusan lingkungan, partisipasi publik sangatlah penting. Termasuk peran dari LSM seperti Laskar Hijau.

"Seperti Gus Aak (Ketua Laskar Hijau) di Lemongan, ada banyak lagi aktivis. Itu yang menjadi bagian partisipasi publik yang sangat melengkapi kebijakan yang sudah lahir dari pemerintah, maupun produk Perda yang lahir dari DPRD," tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lumajang, Yuli Harismawati mengatakan, Lumajang sudah dua kali mendapat Penghargaan Nirwasita Tantra. Tepatnya pada 2019 dan 2020. (fit)