Bupati Lumajang Himbau Masyarakat di Sekitar DAS Semeru Lebih Waspada

Lumajang, Motim - Guyuran hujan yang cukup deras di sekitar Gunung Semeru membawa lahar panas di Daerah Aliran Sungai (DAS) Semeru, Kamis (3/12) sore. Bupati Lumajang Thoriqul Haq pun menghimbau warga yang tinggal di sekitar sana lebih waspada.

Khususnya warga yang berada di DAS Semeru Dusun Bondeli Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro. Karena masyarakat di sana dekat dengan hulu. Sehingga aliran lahar begitu besar.

Bupati pun khawatir dengan kondisi masyarakat di sana, apalagi ketika hujan deras mengguyur kawasan tersebut. Thoriq langsung terjun ke lokasi untuk melihat kondisi masyarakat.

"Yang penting waspada dulu, proses evakuasi terus dilakukan, terutama daerah yang berada di tepian arus sungai lahar Gunung Semeru," terangnya.

Ia juga meminta jajaran Pemerintah Desa Sumberwuluh dan masyarakat setempat untuk tetap waspada dengan segala kemungkinan yang terjadi. Ditambah adanya dinding penahan aliran sungai yang jebol.

Bupati juga meminta petugas agar menghalau warga yang ingin mendekat ke aliran lahar. "Antisipasi ya, termasuk antisipasi hujan, masyarakat juga dihalau untuk jangan mendekat ke daerah aliran lahar," ungkapnya. (fit)