Dishub Sosialisasikan Penataan Parkir, Semprot Petugas Parkir Liar

Dishub Sosialisasikan Penataan Parkir, Parkir Liar Ikut Ditertibkan
Dishub Lumajang saat melakukan penertiban parkir
Lumajang, Motim - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lumajang kembali melakukan penataan parkir di ruas jalan Basuki Rahmat sampai dengan jalan PB Sudirman. Uji coba penataan parkir yang baru tersebut dimulai sejak hari Senin (7/12/20) kemarin.

Sebelumnya, penataan parkir untuk mobil atau roda 4 yang semula menghadap ke jalan, kini berubah menghadap ke arah trotoar.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub Lumajang, Nugraha Yudha Mudiarto, S.Sos, M.Si menuturkan jika penataan parkir yang baru tersebut demi kenyamanan bersama. “Saat ini masih dalam tahap sosialisasi dan uji coba. Selanjutnya, untuk parkir roda 4 tetap serong namun menghadap ke trotoar atau serong maju,” tuturnya, Selasa (8/12/20).

Dari simpang tiga Kayubi, tepatnya di sebelah selatan RSUD dr. Haryoto hingga Masjid Nur atau sebelah timur Pasar Baru Lumajang, ada 2 lahan parkir yaitu sisi timur jalan dan sisi barat jalan. Sedangkan dari Masjid Nur hingga simpang 4 ST, lahan parkir hanya pada sisi timur jalan.

Dari simpang 4 ST sampai simpang 4 adipura, parkir tetap di sisi timur jalan dan parkir becak dan sepeda angin berada di sebelah timur. Sedangkan lajur kendaraan tak bermotor, seperti becak dan sepeda angin berada di sebelah barat, pembatas menggunakan marka lambang dan cat.

“Lokasi parkir kendaraan bermotor dari simpang 3 Kayubi sampai simpang 4 adipura, ada 17 titik untuk roda 4 dan 17 titik lagi untuk roda 2. Sedangkan untuk kendaraan tak bermotor ada 10 titik,” jelasnya.

Selain melakukan penataan parkir, Dishub juga melakukan penertiban terhadap petugas parkir liar yang menggunakan atribut setengah resmi seperti seragam petugas-petugas dari Dishub yang beroperasi di timur Pasar Baru Lumajang.

"Tadi sudah kita ingatkan dan kita tegur yang bersangkutan, agar tidak mengulangi lagi. Yang pasti dia bukan petugas parkir dari Dishub Mas," pungkasnya.(cw7)