Kapolres Lumajang Tanam 'Durian Mille' di Sendang Wiraraja

Kapolres Lumajang menanam bibit pohon. (fit)
Lumajang, Motim - Kapolres Lumajang AKBP Deddy Foury Millewa, S.H., S.I.K., M.I. ikut dalam aksi penanaman bibit pohon di kawasan wisata Sendang Wiraraja, Desa Wonorejo Kecamatan Kedungjajang, Rabu (9/12/2020).

Dalam kegiatan yang diinisiasi oleh Perhutani Lumajang, kapolres menanam satu bibit pohon durian jenis bawor. Pohon tersebut kemudian diberi nama 'Durian Mille', mengambil nama dari Kapolres.

“Durian jenis bawor ini cukup istimewa, buahnya bisa sangat besar seperti durian monthong. Diharapkan tumbuh dan berkembang,” kata kapolres.

Penanaman puluhan bibit pohon ini untuk mendukung pengembangan Wisata Sendang Wiraraja dan bermanfaat bagi masyarakat setempat. “Serta bisa memotivasi masyarakat sekitar untuk bahu-membahu dalam melakukan penghijauan di sini, menjaga lingkungan lebih giat lagi, lebih semangat lagi,” ucap AKBP Deddy Foury Millewa.

Kapolres menegaskan, ketika Wisata Sendang Wiraraja bisa berjalan, ekonomi masyarakat di sekitar khususnya bisa berjalan. Apalagi di tahun depan, waktunya semunya bangkit setelah terdampak pandemi Covid-19.

“Menyambut 2021 lebih semangat lagi. Dengan adanya dukungan vaksin yang sudah datang, masyarakat bisa semangat lagi dan ekonomi bangkit lagi, lebih baik lagi,” pungkasnya.

Sementara Waka Administratur/KSKPH Lumajang Marhaendro Bagyo Sungkowo, semua bibit pohon yang ditanam dalam penghijauan kali ini memang pohon buah. Ada alpukat jenis aligator, alpukat jenis columbus, dan durian jenis bawor.

“Karena ini kawasan perlindungan, tanaman itu dipilih supaya bisa bermanfaat bagi masyarakat. Ini juga untuk pemberdayaan masyarakat. Selain itu resapan juga bagus,” katanya.

Nantinya agar bibit pohon itu bisa tumbuh maksimal, perlu adanya penjagaan dan perawatan bersama. Antara pihak Perhutani, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), pemerintah desa, dan masyarakat setempat.

“Perlu pola keseimbangan, jadi dijaga bersama-sama,” pungkasnya.

Aksi penanaman bibit pohon ini diikuti dari berbagai elemen. Selain dari Polres Lumajang dan Perhutani, juga melibatkan pihak Kodim 0821, Pemdes Wonorejo, LMDH Sumber Alas Jati, Hercules, dan masyarakat. (fit)