KPU Lumajang Terus Perbarui DPT Berkelanjutan

KPU Lumajang Terus Perbarui DPT Berkelanjutan
KPU Lumajang menggelar Coffee Morning bersama awak media
Lumajang, Motim –Pemilihan Umum (Pemilu) maupun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lumajang memang masih jauh. Namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lumajang terus berupaya memperbarui Daftar Pemilih Tetap (DPT) Berkelanjutan.

Ketua KPU Lumajang, Yuyun Baharita menyampaikan, pembaruan data itu terus dilakukan sejak jauh-jauh hari untuk mengantisipasi adanya persoalan data. “Misalnya kita mengantisipasi adanya data pemilih ganda,” ujanya dalam acara Coffee Morning bersama awak media di Kantor KPU Lumajang, Rabu (23/12/2020).

Dalam hal ini, KPU Lumajang bekerjasama dengan sejumlah instansi terkait. Misalnya dengan Dinas Sosial Lumajang. “Kami mengadopsi dari Dinsos, dari data warga masyarakat yang meninggal,” ucapnya.

Sementara Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Sohudi lebih detail menjelaskan, pemutakhiran DPT Berkelanjutan sangatlah penting. Karena akan menjadi sorotan ketika ada persoalan.

Walaupun di tingkat bawah, PPK dan PPS tidak ada, KPU tetap bisa melakukan pembaruan data. Caranya, bekerjasama dengan Dinsos, Dispendukcapil, Dinas Pendidikan Cabang Lumajang, dan juga Kemenag.

“Misalnya ada penambahan warga dari luar Lumajang, atau ada warga yang berpindah ke luar daerah,” ucapnya. (fit)