Memo Timur Bantu Warga Terdampak Bencana Gunung Semeru

Penyaluran bantuan kepada warga terdampak bencana Gunung Semeru. (cw7)
Lumajang, Motim - Memo Timur Biro Lumajang bekerjasama dengan Tim Kuro Polres Lumajang, Sadarkum, ERCI Jember Raya Chapter, dan PPUI membantu warga terdampak bencana Gunung Semeru. Puluhan paket sembako dibagikan kepada warga yang berada di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kamis (3/12).

Paket sembako yang dibagikan langsung ke rumah-rumah warga itu berisi beras, minyak goreng, mie instan, gula, dan sabun cuci. Selain itu juga memberikan uang jajan untuk anak-anak.

“Terima kasih atas kepedulian teman-teman yang sudah mau menyempatkan diri untuk mengirim bantuan langsung ke masyarakat Kajar Kuning,” ucap Paidi, salah satu warga setempat.

Semenjak tempatnya terdampak awan panas guguran, banyak warga yang terganggu aktivitasnya, sehingga tidak bisa mencari nafkah. Dalam kondisi tersebut, menurut Paidi, bantuan pangan sangatlah berarti untuk kelangsungan hidupnya.

"Sementara ini kami lebih membutuhkan bantuan pangan, termasuk sembako. Bantuan sembako dari panjenengan datang saat kami butuhkan. Terima kasih banyak pak,” katanya.

Ketua ERCI Jember Raya Chapter, Alief Fauzan melalui perwakilan, Mj. Choir menyampaikan bahwa komunitasnya juga merasa terpanggil dan tergerak untuk membantu sesama, khususnya warga yang terdampak langsung akibat erupsi Gunung Semeru.

Meski nilai bantuannya tidak seberapa, minimal bantuan yang disalurkan itu bisa mengurangi beban warga terdampak erupsi itu. “Yang tadi itu bantuan untuk tahap satu dan kita masih koordinasi untuk penyaluran bantuan tahap dua," katanya.
Ketua Sadarkum Lumajang Abdul Rokhim, SH melalui Dummy Hidayat, SH yang ikut dalam kegiatan berbagi sembako tersebut, juga menuturkan jika dirinya kala itu menerima aspirasi warga setempat terkait keluhan dan kebutuhan masyarakat Dusun Kajar Kuning. Ia juga siap membantu warga setempat jika ada yang membutuhkan pendampingan hukum.

“Dari apa yang disampaikan oleh masyarakat, ternyata sangat membutuhkan bantuan berupa makanan dan air bersih. Itu sebabnya, kita berencana akan mengirimkan bantuan makanan pada tahap dua nanti. Saya dan teman-teman juga siap membantu warga terkait pendampingan hukum secara cuma-cuma,” ucapnya.

Dirinya berharap, bantuan yang disalurkan kali ini bisa bermanfaat dan bisa mengurangi beban yang dialami oleh warga terdampak. “Semoga bermanfaat, karena sedikit jangan sampai berebut, apalagi iri karena belum kebagian,” tegasnya.

Sementara Ketua PPUI, Agus Santoso mengatakan, pihaknya tentu sangat peduli dengan korban bencana Gunung Semeru. Sehingga juga ikut mengulurkan bantuan kepada warga yang terdampak dan sangat membutuhkan.

“Semoga bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat. Dan kita berdoa agar Gunung Semeru kembali normal,” ujarnya.

Smentara Paur Subbag Humas Polres Lumajang, Ipda Andreas Shinta PW berterimakasih banyak karena bantuan bisa disalurkan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan. “Ini merupakan bentuk kepedulian kita kepada warga yang membutuhkan bantuan,” ujarnya. (cw7)