Operasi Lilin 2020, 154.845 Pasukan Disiagakan

Operasi Lilin 2020, 154.845 Pasukan Disiagakan
Kapolres Lumajang, AKBP Deddy Foury Millewa, SH., S.IK., M.IK.saat memimpin apel gelar pasukan

Lumajang, Motim - Dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 di masa pandemi covid 19, Polres Lumajang laksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin Semeru 2020 di halaman Mapolres Lumajang, Senin (21/12/20).

Apel gelar pasukan dipimpin langsung oleh Kapolres Lumajang, AKBP Deddy Foury Millewa, SH., S.IK., M.IK. tersebut dilakukan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana. Dalam apel gelar pasukan juga dihadiri personel dari unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra kamtibmas lainnya.

Dalam apel tersebut, Kapolres Lumajang menyampaikan amanat dari Kapolri, Jenderal Idham Aziz, M.Si dan menekankan beberapa hal agar dipatuhi oleh semua pasukan.

“Siapkan mental dan fisik, serta jaga kesehatan, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat,” pesannya.

Dalam operasi kali ini yang menjadi atensi dari Polres Lumajang seperti terorisme, sweeping ormas, penyebaran berita hoax, petasan, balap liar dan tawuran, juga penyalahgunaan narkoba, miras dan lain-lain.

Dalam masa libur panjang, diprediksi akan terjadi peningkatan aktifitas masyarakat. Hal ini sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan Kamseltibcar lantas dan pelanggaran protokol kesehatan.

Operasi lilin ini dilaksanakan selama 15 hari, mulai tanggal 21 Desember 2020 sampai tanggal 4 Januari 2021. “Operasi kali ini kita mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan professional,” ucap Kapolres Lumajang.

Ada sekitar 83.917 personel dari jajaran Polri dan 15.842 personel dari prajurit TNI, serta 55.086 personel dari instansi terkait lainnya. Seluruh personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal dll.

"Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik serta tingkatkan kewaspadaan selama pengamanan,” tegas Kapolres.(cw7)