Pantau Aktivitas Semeru, Khofifah Minta Antisipasi Bencana Lebih Optimal

Pantau Aktivitas Semeru, Khofifah Minta Antisipasi Bencana Lebih Optimal
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa ketika memantau langsung lokasi
Lumajang, Motim - Pasca adanya awan panas guguran Gunung Semeru, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, datang ke Lumajang untuk memantau langsung aktivitas gunung tertinggi di Pulau Jawa itu, Kamis (3/12).

Dalam kesempatan itu, gubernur juga ingin memastikan kesiapan penanganan ketika terjadi bencana. Ia meminta ada antisipasi bencana yang lebih optimal dari semua pihak terkait.

"Tentu kami ingin mendapatkan update dari seluruh proses yang terkonfirmasi di pos pantau ini," ungkap gubernur di Pos Pengamatan Gunung Semeru, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.
Ia yang didampingi Bupati Lumajang, Thoriqul Haq beserta Forkopimda Lumajang juga melakukan koordinasi terkait langkah-langkah yang akan diambil guna mencegah resiko yang sewaktu-waktu terjadi di sekitar Gunung Semeru.

"Hal ini harus termitigasi lebih detail, sehingga bisa diantisipasi terhadap resiko bencana dan hal ini harus dilakukan infentarisasi lebih detail." ujarnya.

Agar kesiapsiagaan bencana bisa tertangani dengan baik, Khofifah berkeinginan agar langkah antisipasi secara teknis dan strategis bisa dilakukan, misalnya kelengkapan dari early warning system dan kesiapsiagaan tim reaksi cepatnya.

"Kami ingin mengkonfirmasi perkembangan apalagi yang kita butuhkan, untuk penguatan dari tim Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di pos pantau ini," ungkapnya. (fit)