Pawon Urip Harus Bisa Dirasakan Seluruh Lapisan Masyarakat

Pawon Urip Harus Bisa Dirasakan Seluruh Lapisan Masyarakat
Salahsatu Pawon Urip di Lumajang
Lumajang, Motim - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dan Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menghadiri Kegiatan Gebyar Pawon Urip Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh TP PKK Kabupaten Lumajang, di Ruang Nararya Kirana Lantai 3, Kantor Bupati Lumajang, Rabu (30/12/2020) pagi.

Bupati Lumajang meminta kepada TP PKK Kabupaten untuk mempromosikan Program Pawon Urip secara masif. Sehingga ke depannya akan ada Program Pawon Urip di seluruh kecamatan maupun sekolah-sekolah di Kabupaten Lumajang.

"Setelah di seluruh tempat pelayanan di tingkat kecamatan, kemudian di sekolah-sekolah ada Program Pawon Urip yang masif itu akan menjadi luar biasa," ujarnya.

Selanjutnya, Bupati Lumajang berharap, tahun depan Kegiatan Pawon Urip lebih meriah, sehingga bisa menjadi penyemangat, agar semua masyarakat dapat terus melaksanakan Kegiatan Pawon Urip. Serta adanya Pawon Urip itu betul-betul bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Lumajang.

"Saya berharap Program Pawon Urip menjadi sebuah ciri khusus untuk Program TP PKK bersama Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lumajang, sehingga suatu saat nanti Pawon Urip benar ada dan nyata, dapat dirasakan oleh masyarakat. Tahun depan diharapkan Pawon Urip juga dapat digelar lebih masif dan meriah lagi," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Ny. Musfarinah Thoriq menjelaskan, Program Pawon Urip adalah upaya untuk membangkitkan semangat gotong royong dan solidaritas sosial antar tetangga.

Lanjutnya, Pawon Urip bertujuan untuk ketahanan pangan dan gizi keluarga terutama di masa pandemi Covid-19 dan menuju recovery pasca pandemi. Langkah yang dilakukan yaitu sosialisasi, penguatan tingkat kecamatan dan desa, pembentukan Pawon Urip di masing-masing desa, serta lomba Pawon Urip. (fit)