SDK Aletheia Lumajang Dapat Penghargaan dari LPMP Jatim

SDK Aletheia Lumajang Dapat Penghargaan dari LPMP Jatim
Kepala Sekolah SD Kristen Aletheia, Lusi Wijiinganti, S.Pd ketika menerima penghargaan
Lumajang, Motim - SD Kristen Aletheia Lumajang menerima penghargaan dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Timur dalam acara Sosialisasi Asesmen Nasional (AKM) yang dilaksanakan pada tanggal 14-16 Desember, di Singhasari Resort Batu, Kabupaten Malang.

Penghargaan tersebut diberikan atas prestasinya dalam mencapai Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan meraih kategori rapor mutu tertinggi Provinsi Jawa Timur dan peringkat 4 Nasional tahun 2020 dengan nilai 6,85.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang, Agus Salim ketika dihubungi sangat mengapresiasi SD Kristen Aletheia atas keseriusannya untuk bisa menjalankan amanah menteri pendidikan yang sudah diemban selama ini.

“Syukur Alkhamdulillah, SD Kristen Aletheia sudah meraih predikat nasional. Itu artinya ada keseriusan dari pihak sekolah dalam mengikuti langkah-langkah yang diharapkan,” tuturnya, Kamis (17/12/20).

Menurutnya, penghargaan tersebut merupakan yang pertama di Lumajang. Apalagi kegiatan tersebut dilakukan selama masa pandemi. “Ini luar biasa. Berarti ada keseriusan antara manajemen di masa pandemi. Mutu terjaga, sinergitasnya bagus dan terkontrol oleh pimpinan,” ucapnya.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Dirjen PAUD Dikdasmen. Ada 8 kriteria yang menjadi tolak ukur dalam peningkatan mutu pendidikan, diantaranya standart isi, proses, penilaian pendidikan, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, pengelolaan, pembiayaan pendidikan dan sarana prasaranna.

Ia berharap, supaya prestasi yang sudah diraih bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan. Sekaligus sebagai contoh bagi sekolah-sekolah SD yang lain. Pihaknya akan terus berupaya untuk memotivasi SD-SD yang lain, agar bisa mempunyai standar nasional.

“Harapannya agar SD yang lain bisa mencontoh kinerja manajemen yang ada di SD Kristen Aletheia,” harapnya.

Di sisi lain, Kepala Sekolah SD Kristen Aletheia, Lusi Wijiinganti, S.Pd ketika ditemui media menyampaikan, jika prestasi tersebut bukanlah hasil kerja satu dua orang, melainkan hasil kerjasama dari seluruh warga sekolah.

“Kami merasa bangga bisa memperoleh penghargaan itu, walau pun kita hanya sekolah swasta tapi kita bisa. Semua itu tidak terlepas dari peran serta dan kekompakan dari guru, komite, wali murid dan anak-anak,” katanya.

Ia mengaku tidak akan berpuas diri atas prestasi yang diraih sekolahnya tersebut, namun pihaknya akan terus berusaha agar lebih baik lagi. “Kami berharap ada perhatian khusus dari dinas terkait atau pun dari pihak pemerintah,” pungkasnya. (cw7)