Selamatkan Mata Air, Perhutani Tanam Ratusan Pohon di Ranuyoso

Selamatkan Mata Air, Perhutani Tanam Ratusan Pohon di Ranuyoso
Waka Administratur/KSKPH Lumajang menanam pohon
Lumajang, Motim – Pihak Perhutani terus melakukan giat penanaman pohon di kawasan hutan. Kali ini dilakukan di Desa/Kecamatan Ranuyoso, Sabtu (27/12/2020). Ada ratusan pohon yang ditanam di sana.

Waka Administratur/KSKPH Lumajang Marhaendro Bagyo Sungkowo menyampaikan, penanaman ini dilakukan untuk menyelamatkan mata air yang ada di kawasan setempat. “Selama ini di Ranuyoso semakin hari semakin menurun debit airnya,” ucapnya.

Ia menegaskan, ada sekitar 500 pohon yang ditanam dalam kegiatan tersebut. “Karena ini pengkayaan pohon, dan di sini hanya menambahkan, ada sekitar 500 pohon yang ditanam,” ujarnya.
Lanjutnya, masih ada ribuan pohon lagi yang akan ditanam di sana. “Terutama di wilayah hutan lindung,” katanya.

Pohon yang ditanam dalam kesempatan tersebut adalah jenis-jenis pohon buah-buahan. “Supaya nanti bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” ucap dia.

Dalam giat penanaman ini, Perhutani melibatkan berbagai pihak. “Diantaranya Muspika, komunitas, LMDH, Pokdarwis, dan tokoh masyarakat di Ranuyoso,” terang Marhaendro.

Ia menambahkan, agar pohon yang ditanam bisa tumbuh maksimal, perlu berbagai pihak ikut merawat pohon tersebut. “Ini perlu dirawat, pola keseimbangan, masyarakat dengan Perhutani maupun komunitas, merawat bersama-sama,” pungkasnya. (fit)