Tanggul Darurat dan Jalur Baru Lahar Semeru Disiapkan

Pembangunan tanggul darurat dan pembuatan jalur baru Lahar Semeru. (*)
Lumajang, Motim - Pemerintah Kabupaten Lumajang dan Jajaran TNI-Polri dibantu pengusaha tambang pasir, melakukan karya bhakti pembangunan tanggul atau tangkis lahar. Serta pembuatan jalur baru lahar Semeru di Dusun Bondeli Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro, Rabu (9/12/2020).

Camat Candipuro, Agni Asmara Megatrah menjelaskan, hal ini untuk mengantisipasi dampak erupsi Gunung Semeru di aliran lahar Dusun Bondeli Desa Sumberwuluh. Ini juga tindak lanjut dari usulan masyarakat terkait antisipasi turunnya lahar Gunung Semeru di aliran Sungai Bondeli.

"Ini kita koordinasi dengan posko, mengerahkan pasukan gabungan dari TNI-Polri dan Satpol PP dan bantuan alat berat dari salah satu pemilik ijin tambang. Hari ini kita membuat tanggul darurat dan pengalihan alur lahar supaya tidak mendekati pemukiman warga," jelasnya.

Pembangunan jalur baru Lahar Semeru itu bisa diselesaikan dengan cepat. Karena masih dikonsentrasikan di titik yang paling rawan. “Saat ini masih dikonsentrasikan di satu titik yang paling rawan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Sekda Lumajang, Agus Triyono mengimbau para penambang jika nanti kembali bekerja, agar proses pengambilan pasir atau batu tidak terlalu menepi. Sehingga apabila terjadi lahar dingin, tidak berpotensi mengakibatkan tanggul jebol.

"Saya berharap seluruh penambang yang berada di DAS Rejali, Curah Koboan dan Bades, agar proses pengambilan pasir atau batu dapat memperhatikan tanggul sungai di kanan kirinya," imbau dia. (fit)