Tes Swab 2 Kali, Bupati Lumajang Dinyatakan Positif Covid-19

Bupati ketika menjalani tes swab. (*)
Lumajang, Motim - Bupati Lumajang Thoriqul Haq dinyatakan positif Covid-19. Bupati mengumumkan sendiri jika Ia terpapar Covid-19 melalui akun facebooknya, Jumat (11/12/2020).

Thoriq terkonfirmasi positif setelah menjalani 2 kali tes swab. Pertama, dirinya dites swab oleh petugas kesehatan di rumah dinasnya, Rabu (9/12/2020 malam. Namun hasilnya negatif.

Kemudian bupati menjalani tes swab lagi keesokan harinya. Tes swab kedua dilakukan untuk memastikan hasilnya yang benar-benar valid.

"Setelah tes swab yang pertama, yang hasilnya adalah negatif, saya disarankan untuk melakukan tes swab yang kedua, dan hasilnya saya dinyatakan positif Covid-19," tulis bupati.

Bupati menjalani tes swab setelah melaksanakan banyak kegiatan beberapa minggu ini. Kemudian kondisi tubuhnya menurun dan menderita batuk kecil.

"Karena itu saya memutuskan swab untuk memastikan bahwa saya terkonfirmasi negatif atau positif. Supaya penanganan berikutnya bisa dilakukan dengan lebih tepat dan benar," ujar Cak Thoriq, panggilan akrabnya.

Bupati pun harus melakukan isolasi dan mendapat pemeriksaan awal untuk memastikan apakah ada gejala medis atau tidak. Namun dirinya mengaku, kondisi kesehatannya sedang baik-baik saja.

"Dan Alhamdulillah saat ini saya dalam keadaan sehat. Saya dalam keadaan bugar. Tentu saya mohon doa semoga segera saya dinyatakan negatif setelah menjalani prosesi isolasi," ungkap orang nomor satu di Lumajang itu.

Terkait dengan penyelenggaraan pemerintah, kini akan langsung dipimpin oleh Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati. "Roda pemerintahan tetap berjalan, pelayanan tetap berjalan, tapi semua itu harus patuh pada protokol kesehatan," tegas bupati. (fit)