TKI asal Klakah Meninggal di Malaysia
Jenazah ketika akan dimakamkan
Lumajang, Motim – Data jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Kabupaten Lumajang yang meninggal dunia di luar negeri kembali bertambah. Kali ini TKI bernama Adi Sumarno, warga Desa Mlawang, Kecamatan Klakah dilaporkan meninggal dunia di Malaysia.

Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Lumajang ikut membantu dalam proses pemulangan jenazah. Jenazah tiba di rumah duka di Desa Mlawang, Sabtu (19/12/2020) dan dimakamkan hari itu juga.

Wakil Ketua SBMI Lumajang, Madiono menyampaikan, Adi mulai bekerja di Malaysia pada 2003 silam dan tidak pernah pulang. Kemudian pada 2017 istrinya menyusul ke sana. “Alasannya untuk bekerja di sana karena di dalam negeri mencari pekerjaan sulit,” katanya pada Memo Timur, Senin (21/12/2020).

Adi sempat menderita kencing manis dan struk pada 2018 selama beberapa bulan. Kemudian Ia berhasil sembuh dan mulai bekerja kembali pada 2019. “Pada hari Rabu, tanggal 16 Desember 2020 pukul 04.30 waktu Malaysia dia meninggal dunia secara mendadak,” ucap Madiono.

SBMI Lumajang yang menerima kabar tersebut kemudian membantu mengurus segala administrasi yang dibutuhkan. Agar jenazah bisa dibawa ke tanah air.

“Dokumen yang dibutuhkan segera dibuat oleh pihak Pemerintah Desa yang selanjutnya kami serahkan ke Disnaker Lumajang untuk diserahkan ke BP2MI,” ucapnya.

Akhirnya jenazah bisa diterbangkan dari Malaysia dan sampai di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (18/12/2020) sore. Selanjutnya jenazah dibawa dari Jakarta ke Lumajang difasilitasi oleh BP2MI secara gratis.

“Jenazah sampai rumah duka di Desa Mlawang pada hari Sabtu pukul 11 pagi,” pungkasnya. (fit)