Wabup Ingatkan Masyarakat Tak Termakan Informasi Hoaks Bencana Semeru

Wabup dan Sekda usai Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam Erupsi Gunung Semeru. (*) 
Lumajang, Motim – Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengingatkan masyarakat agar tidak termakan informasi hoaks terkait bencana Gunung Semeru. Masyarakat diminta untuk berhati-hati ketika mendapat informasi sebelum disebar kembali.

Indah menegaskan, pasca Gunung Semeru mengeluarkan lava pijar dan awan panas guguran, banyak informasi hoaks yang tersebar. Informasi tersebut banyak tersebar melalui whatsapp maupun media sosial yang lainnya.

“Biasanya mereka menyebarkan berita bohong ini berupa pesan teks atau foto dan video yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya,” ungkapnya usai Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam Erupsi Gunung Semeru di Lapangan Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro, Selasa (8/12/2020) pagi.

Wabup menegaskan, masyarakat bisa mengecek kebenaran informasi tersebut dengan tanya ke pihak terkait. Juga bisa bertanya ke posko utama yang ada di di Lapangan Kamar Kajang. “Jadi perlu dicek kembali kebenaran informasi tersebut sebelum menyebarkan kembali ke masyarakat yang lain,” ungkapnya.

Sementara Komandan Kodim 0821 Lumajang, Letkol Inf. Andi Andriyanto Wibowo, mengatakan, apel tersebut digelar untuk mengetahui kesiapan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam. Mulai dari kesiapan personel, sarana dan prasarana serta dukungan logistik lainnya dan semua yang berhubungan dengan penanganan bencana alam di wilayah Kabupaten Lumajang.

"Kita semua diharapkan dapat memberikan tanggapan, bantuan dan pertolongan terhadap dampak dari erupsi Gunung Semeru dan harapannya dapat meminimalisir terjadinya kerugian baik personil maupun materiil," ungkapnya.

Ia berharap semua personel dapat meningkatkan pengetahuan dalam mengantisipasi setiap ancaman dengan membuat prediksi, analisis, identifikasi dan kajian terhadap resiko bencana dengan tetap menempatkan kearifan lokal masyarakat. Salah satu upaya penanggulangan bencana, arahkan titik berat pada pencegahan dan kesiapsiagaan dengan bekerjasama seluruh stakeholder.

"Kita bersama-sama mengemban tugas, mudah-mudahan kita dapat mengantisipasi setiap perkembangan situasi, baik efek maupun dampak di wilayah Gunung Semeru. Terimakasih kepada semua personel atas dedikasi dan pengabdiannya," pungkasnya. (fit)