Warga Keluhkan Jalur Evakuasi Bencana Semeru yang Rusak

Lumajang, Motim – Jalur evakuasi bencana Gunung Semeru saat ini kondisinya banyak yang rusak. Hal ini dikeluhkan oleh warga, pasalnya jalur tersebut sangatlah penting. Utamanya ketika ada bencana, agar evakuasi bisa dilakukan dengan cepat.

Seperti jalur evakuasi yang ada di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro. Kondisi jalannya terlihat rusak dan banyak dipenuhi bebatuan. Warga pun meminta agar segera dilakukan perbaikan.

“Masalah jalan evakuasi, ini sangat penting untuk diperbaiki,” kata Umar Faruq, warga setempat.

Ia menyebut, ada sejumlah kendala dalam perbaikan jalan tersebut. Salahsatunya, siapa pihak berwenang yang harus melakukan perbaikan masih belum jelas. Apakah pihak desa atau pihak Pemkab Lumajang.

“Masih simpang siur, katanya milik desa, tapi setiap mau bangun di sini malah harus izin ke Dinas Pekerjaan Umum. Ketika ada galian kabel juga harus izin ke PU,” ucapnya.

Faruq menegaskan, selain warga butuh jalan yang bagus untuk aktivitas sehari-hari, jalur tersebut sangatlah penting ketikan ada bencana terjadi. “Pembangunan di sini harus dipercepat, ini jalur evakuasi,” terangnya.

Warga juga kerap menghalau kendaraan tambang pasir yang melintas di sana, agar jalan yang ada tidak semakin rusak. “Bahkan kami bersama teman-teman mengahdang kendaraan tambang, agar jalan ini tidak rusak. Masalahnya ini jalan evakuasi,” pungkasnya. (fit)