Warga Lumajang Sabet Penghargaan Upakarti 2020

Wabup bersama Siti Sahiria Mahindar. (*) 
Lumajang, Motim – Warga Lumajang, Siti Sahiria Mahindar menjadi satu-satunya wakil dari Jawa Timur dalam Anugerah Upakarti tahun 2020. Ia pun berhasil menyabet penghargaan di kategori Jasa Pengabdian Bidang Industri Makanan.

Penghargaan dari Pemerintah Pusat itu diterima Siti Sahiria Mahindar, langsung dari Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita.

Penghargaan Upakarti 2020 merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada pihak yang telah berdedikasi, berjasa dan aktif dalam melakukan pengembangan sektor industri kecil dan menengah (IKM).

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati berterimakasih kepada Siti Sahiria Mahindar. Indah berharap kedepan semakin banyak masyarakat yang melaksanakan motivasi kepada para UKM di bidang jasa dan makanan yang ada di Kabupaten Lumajang.

"Lebih dari lima tahun Siti Sahiria Mahindar melakukan pengabdian di bidang makanan dan lingkungan. Penghargaan Upakarti bidang Jasa Pengabdian di Indonesia yang menerima hanya lima orang, di Jawa Timur satu-satunya yang menerima hanya Kabupaten Lumajang, Siti Sahiria Mahindar," ungkapnya saat menemui Siti Sahiria Mahindar, Senin (14/12/2020).

Wabup menjelaskan, Siti Sahiria Mahindar merupakan pengurus Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) di Kabupaten Lumajang. Dirinya bersama PDA secara rutin datang ke warga-warga yang berada di sekitar lereng Semeru, untuk memberikan pelatihan kepada warga untuk mengolah bahan baku makanan sesuai potensi daerah masing-masing, sehingga dapat menjadikan masyarakat sekitar lebih produktif.

"Jadi, banyak warga yang dilatih oleh Siti Sahiriyah Mahindar secara terus menerus dan tidak pernah mengenal lelah. Tidak dibayar, tetapi Pemerintah RI memberikan bayaran dan penghargaan yang setimpal dengan memberikan penghargaan Upakarti kepada Siti Sahiriyah Mahindar," ujarnya. (fit)