184 Mahasiswa Lumajang Berprestasi di PTN Dapat Beasiswa

184 Mahasiswa Lumajang Berprestasi di PTN Dapat Beasiswa
Penyerahan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi
Lumajang, Motim - Sebanyak 184 mahasiswa asal Lumajang mendapatkan beasiswa dari pihak Pemkab Lumajang. Mereka adalah mahasiswa berprestasi dari kalangan keluarga tidak mampu yang kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Ditambah mahasiswa yang hafal Alquran atau hafiz.

Beasiswa tersebut secara simbolis diserahkan oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq di Aula Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Selasa (12/1/2021). Ini merupakan penyerahan beasiswa periode semester pertama di 2021.

Seperti diketahui, beasiswa dari Dinas Sosial ini siserahkan secara periodik per semester. Dan jumlah penerimanya berbeda tiap semester. Pasalnya, ada standar yang telah ditetapkan oleh pihak Pemkab Lumajang.

Standar tersebut, diantaranya penerima beasiswa adalah dari keluarga tidak mampu, minimal memiliki (Indeks Prestasi Kumulatif) 3,00, serta harus berkuliah di PTN. Untuk mahasiswa yang hafiz, minimal harus menghafal 10 juz.

“Terus kami lakukan evaluasi, ada standar yang harus dipenuhi. Begitu IPK di bawah 3,00, dengan segala pertimbangan akan kami evaluasi,” kata bupati. Penerima beasiswa itu per semester akan mendapatkan Rp 7,2 juta atau Rp 1,2 juta tiap bulannya.

Kebijakan ini pun sempat disoroti oleh DPRD Lumajang. Karena beasiswa hanya diberikan kepada mahasiswa yang kuliah di PTN saja. Sementara untuk mahasiswa yang kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS), baik di Lumajang maupun luar daerah tidak bisa mendapatkan beasiswa itu.

Namun bupati menegaskan, pihaknya akan menyusun standar tersendiri untuk beasiswa bagi mahasiswa yang kuliah di PTS. “Bagaimana yang mahasiswa di (perguruan tinggi) swasta tapi IPK tinggi dan tidak mampu, kami akan terus menerima saran dan masukan. Semoga tahun mendatang, kami bisa merealisasikan untuk mahasiswa di (perguruan tinggi) swasta yang berprestasi,” pungkasnya. (fit)