BPBD Laporkan Ada 116 Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung

BPBD Laporkan Ada 116 Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung
Kondisi rumah warga yang rusak. (*)
Lumajang, Motim - Angin puting beliung yang menerjang Kecamatan Pasrujambe, Rabu (27/1/2021) sore berdampak pada rusaknya rumah warga. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang melaporkan, ada 116 rumah yang rusak diterjang puting beliung tersebut.

Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, menyampaikan, kejadian tersebut melanda 3 desa. Yakni Desa Kertosari, Pasrujambe, dan Jambe Arum.

“Total ada 116 rumah yang rusak, yang parah ada sekitar 80 rumah,” ujarnya.

Untuk penanganan saat ini, BPBD bersama warga dan pihak terkait lainnya melakukan kerja bakti pembersihan puing-puing rumah warga. Selanjutnya dilakukan perbaikan rumah warga yang rusak.

Wawan menegaskan, untuk bantuan perbaikan akan dicover oleh BPBD Lumajang. “Setelah kerja bakti membersihkan puing-puing, kita akan kerja bakti lagi memasang atap rumah warga yang rusak,” ujarnya.

Selain itu, BPBD Lumajang juga telah menyerahkan bantuan kebutuhan warga terdampak. Seperti beras, selimut, makanan siap saji, tambahan gizi, peralatan balita, terpal. “Itu sudah kita drop di tiga desa itu,” pungkasnya. (fit)