Cakupan BPJS Ketenagakerjaan Diperluas ke Pemerintahan Desa

Bupati audensi dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan. (*)
Lumajang, Motim – Pemkab Lumajang menginginkan layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bisa hadir ke seluruh tenaga kerja di Lumajang. Termasuk menyakup peserta di tingkat pemerintahan desa.

"Untuk tahun ini ada penambahan di tingkat pemerintah desa, tahun ini ada tambahan untuk BPD, berikutnya sedang kita bahas untuk RT/RW, dan ini sedang dalam pendataan dan pemetaan anggaran," kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq setelah menemui pihak BPJS Ketenagakerjaan, Kamis (28/1/2021).

Menurutnya, BPJS Ketenagakerjaan juga dinilai memiliki manfaat lebih bagi para pekerja, seperti perlindungan atas resiko kecelakaan kerja. Mulai perjalanan pergi dan pulang ke tempat kerja, serta perawatan tanpa batas biaya.

"Jadi kalau ada kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan kerja misalnya, jadi jaminan BPJS bisa memberi perhatian yang lebih," jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Jember, R. Edy Suryono mengatakan, sebelumnya para pekerja formal di 198 desa dengan jumlah 2.198 perangkat desa telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, Pegawai PTT di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang juga sudah terdaftar.

Menurutnya, hal ini tidak lepas dari dukungan pemerintah dalam memperluas keikutsertaan peserta BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Lumajang. “Kami sangat berterima kasih kepada bupati atas kerjasamanya dalam upaya mengajak rekan-rekan desa agar dapat terlindungi,” katanya. (fit)