Desa Tukum Miliki 150 Anggota SKD

Desa Tukum Miliki 150 Anggota SKD
Mohamad Yunus, Kepala Desa Tukum.(cw7)
Lumajang, Motim - Mohamad Yunus, Kepala Desa Tukum, Kecamatan Tekung untuk meningkatkan keamanan desanya melibatkan 150 orang dalam Satgas Keamanan Desa (SKD). Dengan anggota yang banyak, ia berharap agar kecepatan informasi dan keamanan akan lebih terjamin.

“Klo banyak yang menjaga, desa akan lebih aman. Jika ada kejadian akan dengan mudah terdeteksi, karena anggotanya banyak,” ucap Yunus ketika ditemui media di kediamannya.

Ia mengaku semenjak SKD dibentuk, tidak pernah ada kejadian yang meresahkan warganya. Sebab, dirinya telah membekali orang-orang yang tergabung dalam satgas keamanan dengan HT (Handy Talky) untuk memudahkan penyebaran informasi.

“Warga yang biasa bergadang saya belikan HT dan tak suruh ikut jaga keamanan,” katanya.

Masih kata Yunus, ia juga merekrut warga yang aktif dan peduli terhadap desanya supaya turut menjaga keamanan. Bukan hanya dibekali HT, ia juga membelikan alat kelengkapan untuk menjaga desa seperti tongkat kayu dan senter dengan menggunakan Dana Desa (DD).

Dari jumlah 150 orang anggota SKD, diantaranya hanya 33 orang yang secara resmi ditunjuk menjadi SKD. Sedangkan sisanya, termasuk perangkat desa hingga RT RW serta masyarakat yang turut aktif menjaga desa.

“Alkhamdulillah, selama ini Desa Tukum aman terkendali, semoga aman seterusnya,” akunya kepada media.(cw7/cho)