Kabag Ops Minta Semua Desa Aktifkan SKD dan Siskamling

Kabag Ops Polres Lumajang Kompol Amar Hadi
Lumajang, Motim - Untuk mengantisipasi tindak kriminalitas yang terjadi di seluruh wilayah Kabupaten Lumajang, pihak Polres Lumajang meminta keterlibatan semua lapisan masyarakat untuk ikut menjaga keamanan. Karena keamanan menjadi tanggungjawab bersama, ditambah jumlah personil kepolisian juga terbatas. Salahsatu caranya, semua desa diminta mengaktifkan kembali Satgas Keamanan Desa (SKD) serta kegiatan siskamling.

“Memang luas wilayah Polres Lumajang ini tidak sebanding dengan personil yang ada sekarang. Tetapi tidak mengurangi semangat dalam mengatasi kriminalitas seperti pencurian hewan (curwan), begal. Karena itu tanggungjawab kita, sebenarnya juga tanggungjawab bersama masyarakat,” kata Kabag Ops Polres Lumajang Kompol Amar Hadi, S.Ip, Jumat (22/1/2021).

Menurutnya, jika terlalu mengandalkan kepolisian, pihaknya juga tidak mampu. Untuk itu, Ia meminta pihak desa agar mengaktifkan kembali SKD dan juga siskamling. “Di desa ada SKD, kita berdayakan. Siskamling juga diaktifkan,” ujarnya.

Lanjutnya, personil kepolisian juga selalu malakukan patroli ke semua wilayah. Karena wilayah yang begitu luas, maka pihaknya juga perlu kerjasama dengan pihak pemerintah desa. “Kita bekerjasama dengan perangkat desa, bagaimana cara menjaga desanya agar aman dari pencurian sapi, begal, atau tindak kriminalitas lainnya,” ungkap Kompol Amar Hadi.

Ia menambahkan, keamanan adalah kesepakatan bersama. Maka masyarakat harus sepakat untuk menjaga lingkungannya sendiri. Dirinya juga berharap, masyarakat selalu memberikan informasi terkait keamanan di wilayahnya masing-masing pada pihak kepolisian.

“Masyarakat bisa memberikan informasi terkait kriminalitas, kalau info semakin banyak, kita bisa mapping, mana daerah yang rawan,” pungkasnya. (fit/cho)