Kapolres akan Libatkan SKD untuk Atasi Kriminalitas di Lumajang Utara

Kapolres akan Libatkan SKD untuk Atasi Kriminalitas di Lumajang Utara
Kapolres saat mengunjungi garasi ternak di Desa Purwosono.(*)
Lumajang, Motim - Kapolres Lumajang, AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.IK., M.Si., berencana akan mengunjungi kawasan Lumajang utara. Kunjungan tersebut dilakukan untuk meninjau langsung lokasi yang ditengarai rawan tindak kriminal.

Diantaranya seperti Kecamatan Ranuyoso, Klakah dan Randuagung, serta Kecamatan Kedungjajang. Karena wilayah tersebut sering terjadi kasus tindak pidana, khususnya maling sapi dan begal.

“Insyaallah minggu depan Saya akan ke sana, untuk melihat langsung,” tutur Kapolres Lumajang saat ditemui Memo Timur di ruang kerjanya.

Sementara ini dirinya akan mengumpulkan data-data terkait kejadian maling sapi sebelumnya. Supaya nantinya bisa dengan mudah untuk dilakukan pemetaan, daerah mana saja yang perlu perhatian lebih.

“Secepatnya akan Saya koordinasikan dulu, karena ini bukan hanya tugas polisi saja,” tambahnya.

Pihaknya akan segera mengumpulkan Satgas Keamanan Desa (SKD) setempat, agar bisa bersinergi lebih baik lagi bersama jajaran kepolisian.

Menurutnya, keamanan suatu wilayah itu merupakan sebuah kesepakatan bersama. Bila tidak ada kesepakatan, jangan harap wilayah tersebut akan aman. “Kita harus sepakat dulu, masyarakatnya, polisinya, SKD-nya dan semua harus satu kata,” katanya.

Kapolres juga menyampaikan jika pihaknya akan kembali menggerakkan SKD-SKD yang sudah dibentuk bersama, dan menghidupkan siskamling untuk mempersempit ruang gerak pelaku tindak kejahatan. (cw7/cho)