Kelangkaan Air Bersih di Sejumlah Desa Mulai Teratasi

Lumajang, Motim - Kelangkaan air bersih di sejumlah desa di Kecamatan Ranuyoso mulai teratasi. Ada 4 desa mulai ditopang akses air bersih melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). Empat desa tersebut diantaranya Wates Wetan, Wates Kulon, Wonoayu dan Penawungan.

"Saya bersama ibu wakil bupati concern betul menuntaskan permasalahan air bersih di Lumajang wilayah utara," ujar Bupati Lumajang, Thoriqul Haq  saat meninjau aliran air di Kecamatan Ranuyoso, Jum'at (29/01/2021).

Bupati menjelaskan bahwa penuntasan akses air bersih di wilayah utara menjadi prioritas utamanya bersama Wabup Indah Amperawati. Selain penyediaan akses air melalui PDAM yang kini mulai dibenahi, Pamsimas  menjadi penunjang dalam mempercepat penyediaan akses air bersih di wilayah utara.

"Apresiasi saya kepada kepala desa atas support dan kerja kerasnya agar akses air bersih di Kecamatan Ranuyoso segera terwujud," ujarnya.

Sementara itu, Indah yang turut mendampingi bupati berharap agar akses air yang mulai dialirkan dari sumber di Ranu Bedali ke 4 desa tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik dan tetap hemat. Ia juga meminta komitmen masyarakat Ranuyoso dalam menjaga ketersediaan air di dekat sumber mata air dengan rajin melakukan penanaman pohon sebagai tabungan air yang dapat diwariskan kepada anak cucu ke depan. 

"Harus dijaga betul dengan rajin menanam, tanaman yang bagus seperti bambu, sukun, trembesi itu bagus untuk menyimpan air, 5 tahun mungkin tidak berpengaruh tetapi 10-20 tahun mendatang akan menikmati, jadi anak cucu kita warisi mata air bukan air mata untuk mereka," tuturnya. (fit)