Lumajang Akan Terima Jenis Vaksin Produksi Sinovac

Lumajang Akan Terima Jenis Vaksin Produksi Sinovac
Kepala Dinas Kesehatan Lumajang, dr. Bayu Wibowo
Lumajang, Motim - Vaksinisasi Covid-19 tahap pertama mulai berjalan. Pada tahap ini, vaksin diprioritaskan untuk tenaga medis (nakes). Di Lumajang sendiri, rencananya akan dilakukan pada bulan Februari mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Lumajang, dr. Bayu Wibowo menyampaikan, jenis Vaksin Covid-19 yang akan diterima Lumajang adalah produksi Sinovac. Seperti diketahui ada sejumlah jenis vaksin yang akan digunakan di Indonesia.

“Di tahap pertama, (vaksin) yang dari Sinovac karena dari jumlah memenuhi kebutuhan se-Indonesia, yang (jenis) lain informasi dari kementerian tidak banyak,” ucap Bayu pada sejumlah wartawan.

Jumlah vaksin yang akan diterima Lumajang di tahap awal, memang tidak sebanding dengan jumlah nakes yang ada. Karena ada sekitar 4.500 nakes, sedangkan vaksin yang akan diterima ada 3.660 dosis. Tetapi Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menegaskan, memang tidak semua nakes akan divaksin.

“Dosis 3.660 ini tentunya diberikan pada nakes yang telah melalui tahap verifikasi. Karena tidak semua nakes nanti serta merta akan diberi vaksin, misalnya nakes yang hamil, ada gejala hipertensi. Ada verifikasi di internal tenaga kesehatan,” ujar dia.

Sementara jajaran dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Lumajang menyatakan, sudah siap untuk divaksin juga. Ini sebagai contoh bagi masyarakat, untuk meyakinkan jika vaksin tersebut aman. (fit)