Mantan ODGJ dan ODMK Dapat Pelatihan Menjahit dari Baznas Lumajang

Mantan ODGJ dan ODMK Dapat Pelatihan Menjahit dari Bazas Lumajang
Pelatihan menjahit yang digelar Baznas
Lumajang, Motim - Badan Amil Zakat Nasional (Banzas) Lumajang memberikan pelatihan menjahit kepada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) yang telah sembuh.

Ketua Baznas Lumajang, H. Atok Hasan Sanusi menyampaikan, ada 25 ODGJ dan ODMK di Kecamatan Pronijiwo yang mendapat pelatihan ini. Pelatihan digelar di Balai Desa Sidomulyo, Rabu (13/1/2021).

Kegiatan pelatihan menjahit ini melibatkan sejumlah pihak. Diantaranya Gerdu Sejiwa (Gerakan Terpadu Kesehatan Jiwa) Pronojiwo. Hadir Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati untuk membuka kegiatan itu.

“Selain Pelatihan, Baznas Lumajang juga memberikan bantuan 25 mesin jahit bagi seluruh peserta. Diharapkan setelah ini ada kemandirian ekonomi bagi para ODGJ dan ODMK,” kata Atok.

Nantinya, produk yang dihasilkan oleh mereka sudah ada pihak yang siap menerima. “Ada Mitra yang menggandeng produk mereka, ada yang menyuplai bahan baku kain perca, dan ada yang akan menyerap produk mereka untuk kain lap bengkel,” pungkasnya.

Sementara Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati pun mengapresiasi upaya yang dilakukan Baznas Lumajang dan jajaran relawan. Karena tidak hanya menyediakan pelatihan tapi juga mencarikan pasar untuk produk jadi yang dihasilkan. Wabup meminta agar instansi yang lain juga meniru hal tersebut sebelum mengadakan pelatihan.

"Hebatnya pelatihan ini belum dilaksanakan tapi jaringannya sudah dicari, ini bener dan harus ditiru oleh dinas-dinas, sebelum melakukan pelatihan, cari dulu pasarnya, ini tanggung jawab kita (pemerintah)," katanya. (fit)