Miliki Keterbatasan Fisik, Gendirun Semangat Jalankan Usaha Mebel

Miliki Keterbatasan Fisik, Gendirun Semangat Jalankan Usaha Mebel
Gendirun
Lumajang, Motim - Gendirun, warga Desa Pajarakan, Kecamatan Randuagung terlahir dengan keterbatasan fisik. Namun pria berusia 47 tahun itu, sangat semangat bekerja dengan menjalankan usaha mebel.

"Dulu awalnya, saya kerja ikut orang, kemudian saya kepikiran untuk membuka usaha sendiri. Dan untuk modalnya, saya pinjam ke koperasi untuk membeli alat-alatnya sehingga usaha membuat mebel," katanya.

Dalam perjuangannya membuka usaha sendiri, dirinya mengalami berbagai hambatan dan lika-liku yang cukup panjang, karena dengan keterbatasan fisiknya sejak lahir. Saat mebelnya sudah jadi, ia menjual hasil produk mebelnya itu dengan berkeliling ke lingkungan desa sekitar. Adapun produk yang dibuat oleh Gendirun diantaranya, dipan, ranjang, lemari, kursi dan jenis mebel lainnya.

“Awalnya, saya menjual hasil produk mebel dengan berkeliling ke lingkungan sekitar desa. Tetapi, saat ini alhamdulillah saya terbantu, karena ada orang yang membantu menjualkan produk-produk mebel yang sudah jadi, bahkan penjualannya sampai ke desa maupun kota tetangga,” ujarnya.

Dirinya juga mengaku, bahwa saat pandemi Covid-19, omset penjualan mebelnya mengalami penurunan, karena saat berkeliling untuk berjualan banyak wilayah atau areal yang ditutup akibat ada warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Saat ada Corona, hasil jualan produk mebel saya jadi turun, karena mau jualan keliling jalannya pada ditutup, katanya di daerah itu ada yang positif corona. Terus juga, pendapatan orang-orang juga menurun, jadi tidak laris jualan mebel seperti sebelumnya,” terang dia. (fit)