Personil Polres Lumajang Jalani Uji Kelayakan Donor Plasma

Personil Polres Lumajang Jalani Uji Kelayakan Donor Plasma
Kapolres pantau anggota saat jalani screening di PMI
Lumajang, Motim - Personil Polres Lumajang jalani screening kelayakan untuk melakukan donor plasma convalesen di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Lumajang, Selasa (12/1/21).

Kapolres Lumajang, AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.IK., M.Si juga turut hadir mendampingi anggotanya saat dikonfirmasi menyampaikan jika Polres Lumajang sangat mendukung kegiatan kemanusiaan tersebut.

“Untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan, khususnya yang sedang berjuang melawan virus corona,” tutur Kapolres Lumajang.

Ada sekitar 10 personil yang melakukan screening saat itu. Layak atau tidaknya untuk diambil plasma darahnya bisa diketahui nanti sore. “Anggota masih diperiksa, yang donor nanti jumlahnya berapa blum bisa dipastikan,” jelasnya.

Kapolres Lumajang pada hari Sabtu kemarin telah melakukan donor plasma. Selanjutnya anggota Polres Lumajang secara berkesinambungan akan dihimbau untuk melakukan donor plasma.

Sementara Kepala UDD PMI, dr Halimi Maksum yang juga hadir saat itu, menyampaikan terimakasih kepada Polres Lumajang atas keikut sertaannya menyumbangkan plasma darah untuk membantu terapi pasien covid 19.

Disinggung tentang keefektifan antara plasma konvalesen dengan vaksin yang tidak lama lagi tiba di Lumajang, Halimi menuturkan jika keduanya sama-sama efektif.

“Keduanya saling melengkapi, plasma konvalesen ini sebagai terapi alternatif bagi pasien covid 19,” tutur Halimi, yang juga menjabat sebagai Direktur RSUD dr. Haryoto Lumajang.(cw7)