Polres Lumajang Fokus Penanganan Covid-19

Kabag Ops Polres Lumajang Kompol Amar Hadi, S.Ip
Lumajang, Motim - Polres Lumajang gencar melakukan aksi nyata penanganan virus corona atau Covid-19. Hal ini dilakukan agar Lumajang tidak kembali lagi ke zona merah seperti yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

Pernyataan ini disampaikan Kabag Ops Polres Lumajang Kompol Amar Hadi, S.Ip kepada Memo Timur pada Rabu (20/1) siang.

Kompol Amar menjelaskan, untuk saat ini pihaknya bersama TNI dan pemerintah daerah (Pemkab) Lumajang gencar melakukan operasi yustisi guna menekan terjadinya penyebaran Covid19.

“Seperti petunjuk Bapak Kapolres AKBP Eka Yekti untuk saat ini kita fokus pada penanganan kasus Covid-19 agar tidak terus bertambah,” ungkapnya.

Selain melakukan oprasi yustisi, pada kesempatan yang sama pihaknya siap mengamankan proses pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Lumajang. Kompol Amar mengatakan, pengamanan akan dilakukan mulai dari tahapan distribusi, penyimpanan di gudang hingga pelaksanan vaksin.

“Terkait dengan vaksinasi ini secara teknis kami sudah siapkan sejumlah personel untuk pengamanan vaksin Covid-19. Kami juga berkoordinasi dengan satgas dan tim kesehatan, agar berjalan sesuai harapan,” imbuhnya.

Lanjut Kabag Ops pihaknya juga akan membantu sosialisasi dan pendataan warga penerima vaksin tersebut. Meski demikian, fokus utama tugas kepolisian tetap menjaga kodusifitas dari potensi gangguan keamanan terhadap ketersediaan dan proses pelaksanaan vaksinasi.

Terkait dengan prosedur medis perawatan dan penyimpanan vaksin kata Kompol Amar sepenuhnya menjadi wewenang Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Lumajang dan sosialisasi ini penting dilakukan untuk memberikan pemahaman pada masyarakat.

“Kami berharap agar masyarakat tidak terpengaruh pada informasi hoax soal vaksin Covid-19 yang sempat beredar di media sosial. Jika masyarakat tidak faham bisa bertanya langsung ke Satgas Penanganan Covid-19," tegasnya. (cho)