Satpol PP Kembali Tertibkan PKL yang Berjualan di Area Terlarang

Lumajang, Motim - Petugas dari Satpol PP Lumajang kembali menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di area terlarang, Kamis (21/1/2021). Petugas meminta PKL untuk pindah dan berjualan di tempat lainnya.

Kasi Operasi dan Pengendali Satpol PP Lumajang, Muhammad Sirin menjelaskan, pihaknya melakukan penertiban pada PKL yang berada di sepanjang Jalan A. Yani, PB Sudirman, dan Kyai Ilyas.

“Itu menyisir PKL yang jualan barangnya di atas mobil, PKL yang di trotoar, ditertibkan karena tidak diperkenan menempati tempat tersebut,” katanya.

Ia menjelaskan, penertiban ini dilakukan karena ada keluhan dari masyarakat tentang keberadaan PKL tersebut. Diantaranya karena banyak PKL yang menempati tempat kendaraan.

“Banyak yang komplain, kan bukan tempatnya untuk berjualan, pertama, karena itu lahan untuk parkir itu. Kedua, pemandanganya juga kurang bagus, karena di sana jalan raya,” ujarnya.

Dalam penertiban kali ini, Sirin menambahkan, pihaknya lebih mengutamakan pendekatan pada PKL. “Sementara memang pendekatan, untuk segera pindah atau membongkar lapaknya tersebut,” ujarnya.

Pihaknya juga telah menyarankan para PKL pindah di tempat yang diizinkan, seperti di Jalan Pasirian dan Suwandak Timur. “Sementara diarahkan ke sana,” ujarnya.

Jika nantinya PKL tersebut masih nekat berjualan di area yang dilarang itu, akan dilakukan penertiban kembali dengan melibatkan instansi terkait lainnya. “Kalau nanti tetap gak mau pindah, nanti kita bekerjasama dengan DLH, termasuk dengan Dinas Perdagangan dan sebagainya,” pungkansya. (fit)