Terapi Plasma Konvalesen Banyak Sembuhkan Penderita Covid-19

Donor plasma konvalesen. (*)

Penyintas Covid-19 di Lumajang diharapkan bisa mendonorkan plasma konvalesen di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Lumajang. Agar banyak pasien Covid-19 yang disembuhkan.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyampaikan, Wakil Presiden RI, Ma'aruf Amin telah menyatakan 58% lebih terapi plasma tersebut menyembuhkan orang-orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Artinya, potensi untuk menyembuhkan yang positif menjadi negatif sudah terhitung secara medis.

"Semakin banyak orang yang berkenan untuk donor plasma, semakin punya potensi kita menyembuhkan banyak pasien yang sebelumnya positif Covid-19. Harapannya donor plasma ini membantu banyak orang," ungkapnya.

Selanjutnya, Ia berharap masyarakat yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19, yang telah dirawat baik di RSUD dr. Haryoto maupun rumah sakit yang lain agar ikut serta melakukan donor plasma.

"Ayo kita bersama-sama menyelamatkan nyawa yang lain, kita bersama-sama menyembuhkan orang-orang yang terkonfirmasi positif Covid-19, yang itu artinya kita bisa membantu banyak orang," ajaknya.

Bupati yang juga pernah terkonfirmasi Covid-19, sudah melakukan donor plasma darah. Ia mendonorkan sebanyak 400 cc plasma darah yang terbagi menjadi dua kantong.

Bupati menjelaskan, sebelumnya dirinya sudah diambil sampel darah, hal itu dilakukan guna memastikan kondisi darah dan fisik dalam pemenuhan kriteria sebagai pendonor plasma.

"Alhamdulillah, saya sudah memenuhi persyaratan donor plasma. Hari ini saya mendonorkan plasma yang pertama setelah sebulan lebih saya terkonfirmasi positif dan sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19," ujarnya. (fit)