Vaksinisasi pada Nakes Ditarget Selesai Minggu Ini

Vaksinisasi pada Nakes Ditarget Selesai Minggu Ini
Pendistribusian vaksin Covid-19 di Lumajang. (cw7)
Lumajang, Motim - Sebanyak 3 ribu dosis vaksin Covid-19 telah tiba di Lumajang, Selasa (26/1/2021). Vaksin itu akan didistribusikan ke puskesmas dan rumah sakit yang ada di Lumajang. Di tahap pertama ini, vaksinisasi yang diprioritaskan pada tenaga kesahatan (nakes) ditarget selesai dalam minggu ini.

Kepala Dinas Kesehatan Lumajang, dr. Bayu Wibowo menyampaikan, jatah vaksin untuk nakes di Lumajang sebenarnya ada sekitar 3.800 dosis. Namun yang datang di tahap pertama ada 3 ribu dosis, sisanya akan dikirim lagi pada bulan depan.

“Harapan kita, semua nakes itu pada minggu ini selesai (divaksin), 3 ribu dosis ini selesai untuk suntikan (tahap) pertama. Dua minggu selanjutnya, akan ada suntikan (tahap) kedua,” katanya.

Ia menyebut, pada Rabu (27/1/2021), vaksin akan didistribusikan pada 21 puskesmas dan 7 rumah sakit. Diharapkan pada hari itu juga, sudah mulai dilakukan vaksinisasi pada nakes yang bekerja di puskesmas dan rumah sakit tersebut.

“Kalau puskesmas siap, langsung dilakukan vaksinisasi pada nakes yang ada di situ. Sehingga hari berikutnya melakukan vaksinisasi pada nakes di luar puskesmas,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk suntikan vaksin pada tahap kedua, akan dilakukan pada bulan Februari minggu ketiga. Proses vaksinisasi pada semua kalangan juga rencananya akan dipercepat.

“Setelah nakes, (vaksinisasi) untuk tenaga yang ada di pelayanan masyarakat, termasuk TNI/Polri. Ini akan dipercepat, setelah itu bulan Maret, masyarakat umum. Dipercepat oleh Kementerian Kesehatan,” pungkasnya. (fit)