21 Tahun Baznas Lumajang Melayani Masyarakat

Pimpinan Baznas Lumajang silaturahmi ke rumah KH Abd. Atiq Zubad. (*)
Lumajang, Motim - Hari ini, 26 Februari 2021, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lumajang genap berusia 21 tahun. Selama 21 tahun itulah Baznas Lumajang telah melayani dan membantu masyarakat semaksimal mungkin.

Ketua Baznas Lumajang, H. Atok Hasan Sanusi menceritakan, Baznas Lumajang resmi terbentuk pada 2000 melalui SK yang diterbitkan bupati kala itu, H. Achmad Fauzi.

KH Abd. Atiq Zubad yang menjadi ketua pertama lembaga zakat yang awalnya bernama BAZ Lumajang tersebut. Ia mempin BAZ Lumajang hingga 2004.

Untuk menghargai perintis Baznas Lumajang tersebut, pimpinan Baznas Lumajang bersitarahmi ke kediaman KH Abd. Atiq.

"Alhamdulillah hari ini, kami berkesempatan bersilaturrahim kepada beliau KH Abd. Atiq Zubad sebagai salah satu perintis dan pendiri BAZ Lumajang. Banyak cerita yang beliau sampaikan saat mendirikan BAZ waktu itu," ujar H. Atok.

Dulu, di awal terbentuknya BAZ Lumajang, perolehan ZIS (Zakat Infaq Sodaqoh) masih di kisaran angka Rp 6 juta per bulan. Karena hanya mengandalkan perolehan infaq melalui kupon yang di distribusikan ke PNS.

"Kini seiring perkembangan Baznas, perolehan ZIS sudah hampir menyentuh angka Rp 500 juta per bulan. Ini merupakan perkembangan yang menggembirakan karena dukungan semua pihak terutama Bupati Lumajang yang menerbitkan regulasi tentang zakat di Lumajang," katanya.

Lanjutnya, capaian yang di peroleh Baznas Lumajang, hari ini merupakan kerja keras para mujahid zakat Baznas. Termasuk berkat pimpinan Baznas periode sebelumnya.

"Termasuk almarhum KH. Mulih Farid dan almarhum KH. Afandi Latief, yang telah menorehkan tinta emas untuk kemajuan dan kebesaran Baznas Kabupaten Lumajang," ucapnya.

H. Atok menambahkan, pihaknya akan meneruskan perjuangan pimpinan Baznas sebelumnya. "Kami sebagai penerus penerus beliau, tentu harus bisa lebih baik dari apa yang telah di bangun oleh pendahulu pendahulu kita. Amiin," pungkasnya. (fit)