Aliran Air Perumdam Masih Kerap Dipompa oleh Warga

Aliran Air Perumdam Masih Kerap Dipompa oleh Warga
Aliran air Perumdam. (*)
Lumajang, Motim - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq meminta agar masyarakat Ranuyoso berkomitmen agar lebih tertib dalam penggunaan air. Ia menyampaikan bahwa selama ini masih ditemui masyarakat yang menggunakan pompa air untuk menyedot lebih banyak air yang dialirkan oleh Perumdam Tirta Mahameru.

"Harus komitmen, air yang sudah teraliri ini tidak boleh lagi dipompa," ujarnya saat berdialog dengan masyarakat Ranuyoso.

Bupati menjelaskan, bahwa komitmen tersebut harus dibangun untuk membenahi satu-persatu problematika terkait air bersih di wilayah utara, khususnya di Kecamatan Klakah dan Ranuyoso. Dalam dialog tersebut, ada warga menyambut baik dan meminta agar penggunaan pompa pada aliran air Perumdam Tirta Mahameru mendapatkan sanksi yang dituangkan dalam Perbup.

Sementara itu, Direktur Perumdam Tirta Mahameru, Achmad Arifulin Nuha tidak menampik adanya permasalahan tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut pihaknya akan mengoptimalkan penggunaan meteran air dan melakukan penertiban yang dibantu oleh aparat dari Polsek dan Koramil setempat.

"Memastikan meter air di masing-masing pelanggan, sehingga bisa juga dipastikan berapa debit air yang diperoleh sesuai kebutuhan masyarakat, kami mohon supportnya Pak Kapolsek dan Pak Danramil terkait water meter dan penertiban pompa air," ujarnya. (fit)