Angin Kencang, Pohon Mahoni di Jalan Suko Tumbang

Proses evakuasi pohon tumbang. (cw7)
Lumajang, Motim - Pohon jenis Mahoni dengan diameter sekitar 60 sentimeter tumbang, Kamis (25/2/2021). Pohon yang tumbuh di sekitar jalan Suko RT. 03 RW. 10, Kelurahan Rogotrunan, Kecamatan Lumajang tumbang setelah diterpa angin kencang.

Kepala Bidang Kedaruratan, Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Lumajang, Joko Sambang kepada Memo Timur menyampaikan, robohnya pohon mahoni tersebut dikarenakan akarnya yang kurang kuat sedangkan daunnya cukup rimbun. Ketika ada angin kencang, pohon tersebut tidak kuat menahan terpaan angin.

“Pohon yang di Suko itu kondisinya sudah condong, pas ada angin kencang langsung roboh,” ujarnya ketika dihubungi via seluler.

Setelah menerima laporan adanya pohon tumbang, pihaknya langsung melakukan cek lokasi dan langsung melakukan pemotongan pohon mahoni tersebut. Sekira pukul 14.30 WIB. batang pohon yang melintang di tengah jalan itu selesai dievakuasi dengan lancar. Arus lalu lintas kembali normal.

“Alkhamdulillah tidak ada korban jiwa, pohon tersebut roboh menimpa tembok pagar sekitar,” jelasnya. 

Cuaca ekstrem yang ada di Lumajang merupakan akibat adanya perubahan arah angin. Ia menambahkan, angin kencang yang berhembus tidak hanya terjadi di Lumajang, kabupaten tetangga pun sama. Namun, angin berhembus di beberapa titik saja.

“Hanya di titik-titik tertentu saja, informasi dari teman-teman di atas tidak ada hembusan angin kencang,” imbuhnya.

Pihaknya menghimbau kepada para pengguna jalan supaya berhati-hati ketika melintas di jalan, khawatir ada ranting yang jatuh dan menimpa pengguna jalan. “Tetap waspada saat melintas di jalan, karena angin yang berhembus cukup kencang,” pungkasnya.(cw7)