Banjir di Dusun Biting Desa Kutorenon Berangsur Surut

Banjir di Dusun Biting Desa Kutorenon Berangsur Surut
Pemadam kebakaran ketika menyalurkan air bersih
Lumajang, Motim - Banjir setinggi 2 meter yang sempat merendam pemukiman warga Dusun Biting, Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono terus berangsur surut. Namun lumpur bercampur air masih menggenang di beberapa tempat.

Dari pantauan Memo Timur di lokasi, warga yang sebelumnya mengungsi di balai dusun, masjid, dan balai desa, sudah banyak yang kembali ke rumah masing-masing.

Relawan dan petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang juga terlihat menyalurkan bantuan makanan ke rumah-rumah menggunakan perahu karet. Selain makanan, bantuan lainnya seperti air mineral dan kebutuhan bayi juga diberikan.

Sedangkan armada Pemadam Kebakaran ikut dikerahkan untuk menyalurkan bantuan air bersih untuk warga di beberapa titik.

Rudi, warga setempat kepada Memo Timur menyampaikan jika sekira pukul 11 malam, air setinggi 2 meter lebih merendam Perumahan Biting 1. "Kalau tadi malam, 2 meter lebih mas, tapi sekarang sudah surut wes," ucapnya.

Sementara pihak BPBD Lumajang menyampaian, meski banjir mulai surut, namun masih ada genangan di sejulah titik. “Sekarang sudah surut tapi masih ada genangan," kata Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, Minggu (28/2/21).

Sedangkan Kepala Bidang Kedaruratan, Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Lumajang, Joko Sambang menambahkan, untuk posko utama logistik sementara ditempatkan di kantor Dinas Sosial. Semua bantuan makanan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pemerintah terpusat di sana. (cw7)