BPBD Lumajang Bantu Biaya Perbaikan Rumah Terdampak Puting Beliung

Rumah yang terdampak angin puting beliung. (*)
Lumajang, Motim - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang sudah memberikan bantuan biaya untuk perbaikan rumah yang rusak, dampak angin puting beliung di Desa Penanggal Kecamatan Candipuro.

Seperti diketahui, ada banyak rumah warga yang mengalami kerusakan, akibat diterjang putting beliung, Rabu (17/2/2021) siang. Utamanya mengalami kerusakan di bagian atap. Mulai dari rusak ringan hingga parah.

Kepala Bidang Kedaruratan, Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Lumajang, Joko Sambang menyampaikan, tak lama setelah peristiwa itu, pihaknya langsung memberikan bantuan berupa uang tunai kepada warga yang rumahnya rusak. Agar warga bisa segera melakukan perbaikan.

“Kami memberikan bantuan uang, meskipun tidak maksimal, sehingga warga bisa melakukan perbaikan,” katanya, Kamis (18/2/2021).

Lanjutnya, juga banyak pihak yang ikut membantu memperbaiki rumah warga. Selain pihaknya, petugas gabungan, relawan, pihak desa, Forkopimca, dan lainnya juga ikut memantu warga.

Joko Sambang mnambahkan, setiap kejadian puting beliung, sepeti di Pasrujambe dan Tukum sebelumnya, pihaknya juga memberikan bantuan uang tunai untuk perbaikan rumah. “Memang tidak maksimal, kami beri sedikiti bantuan, buat beli (material) sendiri,” pungkasnya.

Dari laporan yang diterima Memo Timur, ada sekitar 18 rumah yang terdampak puting beliung. Sebanyak 5 rumah diantaranya mengalami rusak parah. Selain di Desa Penanggal, di hari yang sama, angin puting beliung juga menerjang Desa Sukorejo Kecamatan Pasrujambe. Akibatnya, ada sekitar 30 rumah yang mengalami kerusakan. (fit)