Guru PAUD Diminta Bantu Tingkatkan IPM Lumajang

Kegiatan peningkatan kapasitas bagi guru PAUD. (*)

Lumajang, Motim - Indeks Pembangunan Manusian (IPM) Lumajang terbilang rendah di Jawa Timur. Untuk itu berbagai upaya telah dilakukan demi menggenjot IPM. Termasuk guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pun harus terlibat. Mereka diminta berkontribusi, membantu tingkatkan IPM.

Tim Penggerak PKK Lumajang pun menggelar kegiatan peningkatan kapasitas bagi guru PAUD, Kamis (18/2/2021) di Gedung Panti PKK. Ketua TP PKK Lumajang Musfarinah Thoriq mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas manajemen sekolah, proses belajar mengajar, dan kurikulum pembelajaran di PAUD.

Ia menegaskan, kegiatan ini merupakan peran TP PKK Kabupaten Lumajang dalam upaya peningkatan IPM di Kabupaten Lumajang melalui PAUD. “TP PKK sebagai mitra kerja pemerintah yang terus bersinergi dengan Perangkat Daerah, termasuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Lumajang,” katanya.

Dirinya juga berharap, melalui pelatihan itu para guru PAUD dapat mendukung pemerintah daerah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Lumajang.

Sementara itu, Kepala Bidang PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Lumajang, Masrupi menambahkan, hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Lumajang terus berupaya memberikan pelayanan pendidikan yang maksimal untuk anak usia dini.

Selama masa pandemi Covid-19 ini, metode pembelajaran anak didiknya menerapkan inovasi “Guru Sambang”. Yakni guru berkunjung langsung ke rumah siswa dan tetap menerapkan protokol kesehatan. (fit)