Hujan Deras, Tanggul Irigasi di Desa Jatimulyo Jebol

Hujan Deras, Tanggul Irigasi di Desa Jatimulyo Jebol
Tanggul yang jebol
Lumajang, Motim - Hujan deras yang mengguyur kawasan Kecamatan Kunir membuat tanggul saluran irigasi di Dusun Tunjungsari, Desa Jatimulyo jebol. Diduga tanggul tidak kuat menahan aliran air yang deras.

Informasi dari warga setempat, akibat tanggul yang jebol itu, air sempat membanjiri lahan pertanian warga. Untuk mengatasi ini, sudah dibuat tanggul sementara.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang melaporkan, tanggul yang jebol pajangnya sekitar 2 meter. Petugas gabungan bersama warga setempat sudah memasang sak berisi pasir untuk tanggul sementara.

“Ada petugas dari BPBD, DPUTR, Koramil Tempeh, Koramil Kunir, personil AWR, Pemdes Jatimulyo dan warga bersama-sama memasang sak berisi pasir,” kata Kepala Bidang Kedaruratan, Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Lumajang, Joko Sambang, Minggu (7/2/2021).

Tanggul sementara yang dibuat ini cukup panjang. Diharapkan bisa menahan air agar tidak meluber. “Tanggul sementara dari sak berisi pasir sepanjang 10 meter dan tinggi 1,5 meter,” ujarnya. (fit)