Jelang Harlah ke-93, MI Kota Lumajang Kembali Torehkan Prestasi

MI Nurul Kota Lumajang. (cho)
Lumajang, Motim - Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Islam Kota Lumajang sebentar lagi merayakan Hari Lahir (Harlah) ke-93. Jelang Harlah tahun ini, madrasah tertua di Kabupaten itu pun kembali menorehkan banyak prestasi

Sebelumnya, ananda Fahrunnisa Zahro Chusaeni kelas 6 MI meraih Juara 3 Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Jawa Timur. Kali ini, seorang guru bernama Chairul Agustiningtiyas, S.Pd. lolos menjadi penyusun Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) Madrasah Nasional tahun 2021 untuk tingkat MI.

Prestasi tersebut, patut diacungi jempol, karena lebih 1.500 guru dari tingkatan MI, MTs dan MA yang mengikuti. Sedangkan yang dijaring hanya sebanyak 154 guru dari berbagai tingkatan. Seperti diketahui, AKSI Madrasah adalah program pemetaan capaian pendidikan untuk memantau mutu pendidikan madrasah yang menggambarkan pencapaian kemampuan siswa.

AKSI madrasah juga untuk membantu guru dalam memperoleh informasi akurat tentang kompetensi siswa dalam hal literasi membaca, literasi Numerik, literasi sains dan literasi Sosial budaya.

Guru mata pelajaran matematika dan tematik itu pun bangga dengan prestasi yang diraihnya. “Alhamdulillah lolos tahap akhir sebagai Tim penyusun AKSI Madrasah dan juga saya ucapkan terima kasih atas do’a dan dukungan dari pengurus serta keluarga besar MI Kota selama proses seleksi,” ujar guru yang akrab disapa Tiyas tersebut, Selasa (23/2/2021).

Sementara, Kepala MI Nurul Islam Kota Lumajang Muhaimin, mengapresiasi perjuangan Tiyas dalam mengharumkan nama baik madrasah. “Kesuksesan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi MI Kota Lumajang, karena Madrasah kita bisa menembus tingkat nasional. Saya harap lolosnya Bu Tiyas menjadi motivasi bagi guru-guru lainnya untuk terus berprestasi,” ujarnya. (fit/cho)