Kadin Lumajang Prioritaskan Sektor Pertanian Ketimbang Pariwisata

Muskan Kadin Lumajang. (fit)
Lumajang, Motim - Musyawarah Kabupaten (Muskab) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Lumajang digelar di Hotel GM Lumajang, Sabtu (20/2/2021). Agus Setiawan terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Kadin Lumajang untuk periode 2022-2026.

Usai terpilih, Ia menyampaikan, untuk rencana ke depan, memang pihaknya akan menggarap semua sektor yang berpotensi di Lumajang. Namun ditanya yang jadi prioritas, Ia menyebut sektor pertanian ketimbang pariwisata.

"Kami memprioritaskan pertanian dibandingkan dengan pariwisata. Karena pertanian itu memiliki peran yang besar untuk perkonomian di Lumajang," katanya pada sejumlah wartawan.

Ia juga menyebut, sekitar 35 Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Lumajang itu dari sektor pertanian.

Tapi di sisi lain, kata Agus Setiawan, ke depan Lumajang akan banyak menerima bantuan di bidang pariwisata. Sehingga perlu ada sinkronisasi antara sektor pertanian dan pariwisata.

"Kami ingin mengkolaborasikan sektor pertanian dengan pariwisata, itu harus bisa. Kalau tidak bisa konek, nantinya tidak baik hasilnya," ujarnya.

Lanjutnya, di kepengurusan Kadin Lumajang, Ia akan melibatkan berbagai elemen perekonomian di Lumajang. "Misalnya UMKM, pengusaha muda, pengusaha besar, petani. Yang jelas semua sektor terwakili dalam kepengurusan Kadin," tegasnya.

"Kami tidak mau, Kadin didominasi dari satu sektor. Karena peluang kita di semua sektor, terutama pertanian, ke depannya juga ada wisata," pungkasnya. (fit)