Mulai Bulan Depan, Lumajang Ditarget Bebas dari BAB Sembarangan

Deklarasi ODF. (*)
Lumajang, Motim - Lumajang gencar melaksanakan gerakan Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan. Ditargetkan, mulai Maret 2021, Kabupaten Lumajang sudah bebas dari BAB sembarangan.

"Kita di Bulan Maret siap mengajukan diri sebagai Kabupaten ODF,” kata Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Musfarinah Thoriq saat Deklarasi ODF di Balai Kecamatan Pasirian, Kamis (25/2/2021).

Ia menegaskan, Pasirian merupakan kecamatan ke-20 yang telah mendeklarasikan sebagai Kecamatan ODF. Selanjutnya rangkaian deklarasi ODF akan ditutup di Kecamatan Jatiroto.

Deklarasi ODF menjadi bagian dari proses untuk memastikan status ODF suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

Musfarinah menjelaskan, saat ini Pemkab tengah berupaya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di mana salah satu faktornya adalah terkait kesehatan.

"Memang tidak mudah mengedukasi masyarakat, dengan niatan baik dan pendekatan bapak ibu masyarakat akan pelan-pelan merubah gaya hidupnya yang semula buang air di sembarang tempat mereka sudah mulai menggunakan jamban," ujarnya. (fit)