Musholah dan Warung Makan Tertimbun Material Lahar Dingin

Musholah dan Warung Makan Tertimbun Material Lahar Dingin
Musholah dan warung makan tertimbun lahar dingin
Lumajang, Motim - Dampak lahar dingin Gunung Semeru yang terjadi Senin (8/2//2021) sore, tak hanya menyebabkan satu unit mobil terseret aliran lahar tersebut. Namun juga menyebabkan musholah dan warung makan tertimbun material lahar dingin.

Musholah dan warung yang berada di Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh itu tertimbun batu dan pasir setinggi 2 meter. Namun sudah dipastikan, tidak ada korban dalam peristiwa tersebut.

“Tanggul yang dibuat kemarin sudah habis. Terus musholah dan warung tertimbun pasir,” kata Nur Kholis, salahsatu relawan bencana yang bertugas di sekitar lokasi kejadian.

Lanjutnya, di sekitar sana, warga juga menemukan roda yang diduga dari mobil yang terseret arus lahar dingin. Roda tersebut ditemukan sekitar 5 kilometer dari titik awal mobil tersebut terseret arus di Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo.

“Hanya roda dan sasis, sementara bangkainya belum ditemukan, dan sudah kita informasikan ke pemiliknya. Ini masih mencari, kemungkinannya mobil yang terbawa kemarin posisinya di sekitar sini,” kata dia.

Selain itu, warga juga menemukan tumpukan besi penahan laju aliran lahar yang berada di atas Sungai Gladak Perak yang terbawa banjir hingga ke bawah. “Warga khawatir jika terjadi lahar lagi, air akan naik ke pemukiman warga,” pungkasnya. (fit)