Okik Lapor Mabes Polri, Minta Dugaan Penyelewengan TKD Lumajang Terus Diproses

Basuki Rahmat, SH., M.Hum atau Okik. (*)
Lumajang, Motim - Pemberhentian Kepala Desa Grati Kecamatan Sumbersuko, Ismantoro alias Kreco nampaknya berbuntut panjang. Ismantoro melalui kuasa hukumnya, Basuki Rahmat, SH., M.Hum atau Okik telah melaporkan Asosiasi Kepala Desa (AKD) Lumajang ke Mabes Polri.

Laporan tersebut soal dugaan penyelewengan Tanah Kas Desa (TKD) yang dilakukan oleh para kepala desa di Lumajang. Laporan itu sempat diproses oleh pihak Polres Lumajang, dengan memanggil pengurus AKD Lumajang.

Namun tak berhenti di situ saja, Okik mengaku, juga sudah melayangkan laporan ke Mabes Polri. Dalam laporan itu, Ia meminta agar dugaan penyelewengan TKD di Lumajang tersebut terus ditangani serius oleh Polres Lumajang.

“Harus terus diproses oleh pihak Polres Lumajang, harus terus berlanjut,” katanya pada Memo Timur, Jumat (12/2/2021).

Ia menegaskan, seluruh pengurus AKD Lumajang harus diperiksa terkait pengelolaan TKD. “Karena seluruh pengurus AKD Lumajang sebagai contoh terkait pengelolaan TKD,” kata Okik.

Baru setelah itu, kata dia, dilanjutkan pemeriksaan pada kepala desa lainnya di Lumajang. “Setelah pengurus, baru kepala desa di Lumajang,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Ismantoro diberhentikan sebagai Kepala Desa Grati pada November 2020. Ia diberhentikan, setelah ada laporan di Inspektorat Lumajang atas dugaan penyelewengan TKD yang dilakukannya. (fit/cho)