Perhutanan Sosial Fokus Optimalkan Komoditi Unggulan

Perhutanan Sosial Fokus Optimalkan Komoditi Unggulan
Pisang, salahsatu komoditi unggulan di Kecamatan Senduro
Lumajang, Motim - Program Perhutanan Sosial akan segera dikembangkan di kawasan Kecamatan Senduro. Diharapkan banyak masyarakat yang mendapatkan manfaat dari program ini. Salahsatunya adalah para petani.

Waka Administratur Perhutani Lumajang, Marhaendro Bagyo Sungkowoetani melalui Asisten Perhutani BKPH Senduro, Lesmana Jaya Putra Enu menyampaikan, dalam program ini, nantinya ada sejumlah komoditi uggulan di kawasan tersebut yang akan fokus dioptimalkan.

“Diantaranya kopi, pisang, kapulaga, dan susu,” katanya pada Memo Timur, Sabtu (13/2/2021).

Untuk kopi, rencananya akan dibuat sentra kopi di kawasan tersebut. “Ternyata kopi dari masyarakat sifatnya masih lokal. Sehingga akan kita kembangkan lagi, hingga tingkat nasional dan internasional. Akan kita berikan bantuan juga bagi petani berupa peralatan,” ucapnya.

Selain sentra kopi, di sana juga akan dijadikan sentra pisang. “Kelompok yang ada dijadikan satu sentra, sehingga harganya stabil dan kompak. Kita bantu bibit juga yang grade A, sehingga hasilnya maksimal. Termasuk perlu perbaikan dalam pengepakan pisang,” ucapnya.

Untuk kapulaga, pihaknya berencana ada perbaikan dalam budidaya. Termasuk membantu cara agar harga kapulaga dari petani bisa mahal. “Kalau di Jakarta bisa mahal, saat ini di Lumajang lebih murah,” terangnya.

Kemudian komoditi yang akan lebih dikembangkan adalah susu sapi atau kambing. Memang sejauh ini susu dari kawasan senduro sudah terkenal berkualitas bagus. “Salahsatunya nanti kita akan bantu di penggemukan sapi atau kambing,” pungkasnya. (fit)