Polres Lumajang Perlakukan Tahanan Secara Humanis

Polres Lumajang Perlakukan Tahanan Secara Humanis
Kapolres Lumajang, AKBP Eka Yekti Hananto Seno saat ditemui wartawan.(cw7)
Lumajang, Motim - Polres Lumajang di bawah kendali Kapolres AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.IK., M.Si dalam mewujudkan Lumajang aman dan kondusif tidaklah main-main. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pelaku tindak pidana kriminal yang dilumpuhkan dalam beberapa hari terakhir.

Diantaranya yang berhasil ditangkap kemudian dilumpuhkan dengan tindakan tegas terukur, supaya ada efek jera bagi para pelaku, dan ketika bebas nanti tidak mengulangi perbuatan yang melawan hukum.

Kapolres Lumajang kepada Memo Timur menyampaikan, pihaknya tidak akan memberi kesempatan pada pelaku kejahatan untuk mengusik keamanan dan kenyamanan yang ada di Kabupaten Lumajang. Ia akan terus berupaya dan mensupport anggotanya dalam melakukan penangkapan pelaku tindak kriminalitas.

“Penangkapan pelaku terus diupayakan, meskipun pihak pengadilan dan lapas ngerem penahanan selama pandemi berlangsung,” tutur Kapolres Lumajang. Meski demikian, apabila kapasitas tahanan di Polres penuh pihaknya akan menitipkan tahanan ke polsek-polsek yang ada di Lumajang.

Sebelum dilakukan penahanan, para pelaku akan menjalani pemeriksaan kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid 19 selama di dalam sel tahanan.

Meski para pelaku begitu garang ketika beraksi dan menebar teror kepada masyarakat, pihaknya terus memperlakukan para pelaku secara humanis. “Kita lakukan penanganan secara humanis. Kita tembak, tapi tetap kita beri kursi roda untuk duduk, tidak dibiarkan tergeletak di lantai,” imbuhnya.

Kapolres Lumajang berpesan, apabila ada pelaku kejahatan yang ditangkap oleh warga supaya masyarakat tidak main hakim sendiri. “Pelaku jangan sampai mati dihakimi massa, biarkan dia hidup dan serahkan kepada kami agar kami kembangkan kasusnya,” tutupnya.(cw7/cho)